PENDIDIKAN KATOLIK DALAM PARADIGMA PEDAGOGI DIALOGIS LINTAS IMAN DAN KEPERCAYAAN
Kata Kunci:
Pendidikan Katolik, Pedagogi Dialogis, Lintas Iman dan Kepercayaan, Transformasi Sosial, Persaudaraan UniversalAbstrak
Pendidikan Katolik memainkan peran penting dalam membangun paradigma pedagogi dialogis lintas iman dan kepercayaan di tengah keragaman masyarakat modern. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyelidiki kelayakan dan hambatan dalam menerapkan paradigma yang bersifat dialogis dalam ranah pendidikan Katolik. Pendidikan Katolik memiliki potensi untuk menjadi tempat perjumpaan yang otentik dan transformatif bagi orang yang berbeda agama dan keyakinan karena warisan intelektual dan spiritual Katolik yang kaya. Meskipun demikian, implementasinya menghadapi beberapa tantangan termasuk resistensi internal, keterbatasan sumber daya pendidik, dan persyaratan kurikulum yang ketat. Disimpulkan bahwa diperlukan upaya komprehensif, terstruktur dan berkelanjutan untuk membangun teologi dialog yang kokoh, meningkatkan kompetensi pendidik, mengembangkan kurikulum inklusif, dan menumbuhkan kemitraan interdisipliner, sehingga pendidikan Katolik dapat berkontribusi pada terwujudnya persaudaraan universal dan transformasi sosial yang dialogis.